I.
Perencanaan Usaha Baru.
A. Pengertian / Definisi Perencanaan
Perencanaan adalah suatu kegiatan
atau proses penganalisisan dan pemahaman sistem, penyusunan konsep dan kegiatan
yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan demi masa depan yang baik.
·
Unsur Perencanaan
Dalam
menetapkan suatu rencana harus lah mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1.
Tujuan. Suatu rencana yang
akan dilaksanakan harus mempunyai tujuan yang jelas dan mempunyai batasan akan
tujuan tersebut (fokus). Dalam batasan ini dirinci tentang limit waktu yang
akan dipakai, bagaimana cara pencapaian tujuan tersebut dan lain sebagainya.
2.
Politik. Yang dimaksud dengan politik
ini adalah kewenangan, delegasi dan pertanggung jawaban dalam pelaksanaan
sebuah rencana. Sehingga tujuan yang telah direncanakan akan berhasil.
3.
Prosedur, merupakan urutan tindakan atau
kegiatan yang terorganisir dalam rangka pencapaian tujuan tersebut.
4.
Anggaran atau budget merupakan bagian
yang tak terpisahkan dalam pencapaian tujuan. Anggaran ini harus dibuat
serealistis mungkin, sehingga beban dari pelaksanaan ini tidak tidak lah begitu
berat.
5.
Program, merupakan gabungan dari
politik, prosedur dan anggaran serta perlu adanya alternatif tujuan bilamana
tujuan utamanya tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan.
·
Pentingnya Perencanaan
Alasan :
1.
Tujuan menjadi jelas dan terarah
Perencanaan
sebagai langkah awal dari pencapaian tujuan akan memberikan arah dan kejelasan
tujuan tersebut, sehingga semua komponen ataupun elemen-elemen dalam organisasi
mengetahui dengan baik tujuan yang hendak dicapai.
2.
Semua bagian yang ada dalam organisasi akan bekerja ke arah satu tujuan yang
sama ketika semua elemen atau bagian dalam organisasi mengetahui tujuan
organisasinya dengan jelas dan benar, maka mereka akan bekerja ke satu arah
yang sama. Artinya mereka memahami prosedur apa saja yang akan dilakukan
sebagaimana yang telah mereka sepakati dalam perencanaan.
3.
Menolong mengidentifikasikan berbagai hambatan dan peluang
Dengan
adanya perencanaan maka organisasi mampu mengidentifikasi berbagai hambatan dan
peluang yang ada di lingkungan luar organisasi. Adanya hambatan dan peluang
yang datang akan menuntut organisasi mempersiapkan tindakan-tindakan antisipasi
ke depan sehingga mereka tetap berada di lajur menuju tujuan awal.
4.
Membantu pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif
Perencanaan
memberikan pandangan bagi organisasi mengenai tindakan apa saja yang harus
mereka lakukan demi tercapainya tujuan, termasuk di dalamnya biaya dan lamanya
waktu yang dibutuhkan sehingga tujuan terealisasi. Hal ini akan membantu
organisasi menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
5.
Perencanaan sendiri dapat diartikan aktivitas pengawasan
Ketika prosedur
kerja sudah ada dan jelas, tentu hal ini menjadi sebuah control terhadap
pelaksanaan di lapangan. Artinya mereka akan bekerja sesuai prosedur sebab
perencanaan sebagai pengawasan.
6.
Perencanaan juga membantu untuk mengurangi resiko dan ketidakpastian
Dalam
mencapai sebuah tujuan, terdapat berbagai macam resiko dan ketidakpastian yang
akan menghadang dalam pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, adanya
perencanaan akan memperjelas tindakan-tindakan dan prosedur kerja sehingga
ketidakpastian tersebut dapat diminimalisir.
B. Tipe perencanaan
Menurut
jangka waktu, perencanaan digolongkan[14] :
1.
Perencanaan jangka panjang
adalah rencana yang akan dijalankan oleh seluruh komponen dalam organisasi
atau perencanaan, dan dibuat dalam rangka pencapaian tujuan organisasi secara
keseluruhan.
2.
Perencanaan jangka menengah
adalah rencana yang dijalankan untuk mencapai tujuan jangka menengah dan
sebagai dorongan tercapainya tujuan jangka panjang.
3.
Perencanaan jangka pendek
adalah rencana yang dijalankan untuk mencapai tujuan jangka pendek, dan
sebagai dorongan tercapainya tujuan jangka menengah.
II.
Penempatan
SDM Dalam Organisasi Kewirausahaan
A. Ada dua sumber perolehan tenaga kerja yaitu sumber intern dan sumber
ekstern, tapi manajer lebih menyukai perolehan dari sumber intern karena dapat
memotivasi karyawan yang sudah ada, tetapi juga manajer perlu mencari orang
yang tepat dalam menduduki suatu posisi agar pekerjaan dapat berjalan secara
efektif dan efesien dari luar organisasi.
= Sumber Intern
Ada tiga sumber penawaran intern, yaitu :
·
Penataran
(Upgrading) yaitu dengan mendidik dan memberi latihan.
·
Pemindahan
(transferring) yaitu posisi yang kurang disenangi ke posisi lain yang lebih
memuaskan kebutuhan.
·
Pengangkatan
(promoting) yaitu pengangkatan ke jabatan yang lebih tinggi lagi.
= Sumber Ekstern
Sumber ekstern penwaran tenaga kerja dapat diperoleh antara lain dari
lamaran pribadi yang masuk, organisasi karyawan, kantor penempatan tenaga
kerja, sekolah-sekolah, para pesaing, imigrasi dan migrasi.
·
Seleksi
Seleksi adalah kegiatan suatu perusahaan untuk dapat
memilih karyawan yang palinmg tepat dan dalam jumlah yang tepat pula dari
calon-calon yang dapat ditariknya. Untuk dapat memilih karyawan yang paling
tepat dan dalam jumlah yang tepat pula, maka diperlukan suatu metode seleksi
yang tepat pula.
Seleksi berhubungan erat dengan analisa jabatan. Hal
ini terjadi karena karyawan atau pegawai yang diseleksi tersebut harus
disesuaikan dengan analisa jabatan yang telah dilakukan sebelumnya. Adapun hal-hal yang diseleksi meliputi:
a. Pendidikan
b. Pengalaman
c. Pengetahuan
d. Kecerdasan
e. Kesehatan
f. Umur
g. Bakat
h. Kepribadian
i. Jenis kelamin, dan lain sebagainya
Setiap perusahaan harus dapat melakukan seleksi secara
efeksif dan efisien, dengan demikian metode seleksi yang dilaksanakan tersebut
harus dapat memilih atau menetapkan karyawan yagn paling tepat. Meskipun demikian amsalah efisiensi dalam pelaksanaan
metode seleksipun perlu diperhatikan. Efisiensi disini adalah dalam arti
pengorbanan uang, energi, waktu dan sebagainya.
Dalam melakukan seleksi perlu memperhatikan beberapa
hal yaitu :
a. Seleksi harus efektif dan efisien
b. Seleksi harus memperhatikan peraturan dan
ketentuan pemerintah yang berlaku
c. Petugas seleksi harus jujur dan efektif
d. Keahlian petugas seleksi tidak boleh diabaikan
e. Pengertian "orang yang tepat pada tempat
yang tepat" harus diartikan secara dinamis
·
Jenis Pelatihan dan Pengembangan
Terdapat banyak pendekatan untuk pelatihan. Menurut (Simamora:2006 :278) ada lima jenis-jenis pelatihan yang dapat
diselenggarakan:
1. Pelatihan Keahlian.
Pelatihan keahlian (skils training) merupakan pelatihan yang sering
di jumpai dalam organisasi. program pelatihaannya relatif sederhana: kebutuhan
atau kekuragan diidentifikasi rnelalui penilaian yang jeli. kriteria penilalan
efekifitas pelatihan juga berdasarkan pada sasaran yang diidentifikasi dalam
tahap penilaian.
2. Pelatihan Ulang.
Pelatihan ulang (retraining) adalah subset pelatihan keahilan.
Pelatihan ulang berupaya memberikan kepada para karyawan keahlian-keahlian yang
mereka butuhkan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah. Seperti
tenaga kerja instansi pendidikan yang biasanya bekerja rnenggunakan mesin ketik
manual mungkin harus dilatih dengan mesin computer atau akses internet
3. Pelatihan Lintas Fungsional.
Pelatihan lintas fungsional (cros fungtional training) melibatkan
pelatihan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain
dan pekerjan yang ditugaskan.
4. Pelatihan Tim.
Pelatihan tim merupakan bekerjasarna terdiri dari sekelompok Individu untuk
menyelesaikan pekerjaan demi tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.
5. Pelatihan Kreatifitas.
Pelatihan kreatifitas(creativitas training) berlandaskan pada asumsi
hahwa kreativitas dapat dipelajari. Maksudnya tenaga kerja diberikan peluang
untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin yang berdasar pada penilaian
rasional dan biaya dan kelaikan.
Adapun perbedaan antara pelatihan dan pengembangan menurut
(Syafaruddin:2001 :217).
a. Pelatihan.
Tujuan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini.
Sasaran: Peningkatan kinerja jangka pendek.
Orientasi: Kebutuhan jabatan sekarang.
Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan karir relatif rendah.
b. Pengembangan.
Tujuan: Peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan yang akan
datang.
Sasaran: Peningkatan kinerja jangka panjang.
Orientasi: Kebutuhan perubahan terencana atau tidak terencana.
Efek terhadap karir: Keterkaitan dengan karir relatif tinggi.
.
D. Tahapan proses pelatihan dan pengembangan.
Sebelum pelatihan dapat diselenggarakan, kabutuhan akan hal itu perlu
dianalisis lebih dahulu. Hal demikian disebut sebagai langkah/tahapan penilaian
dari proses pelatihan. Menurul (Sjafri:2003:140). setelah tahap analisis
kebutuhan dilakukan, maka harus melakukan beberapa tahapan berikutnya:
1. Penilaian kebutuhan pelatihan.
a. Penilaian kebtuhan perusahaan.
b. Penilaian kebutuhan tugas.
c. Penilaian kebutuhan karyawan.
2. Perumusan tujuan pelatihan.
Perumusan tujuan pelatihan harus ada keterkaitan antara input, output,
outcome, dan impact dan pelatihan itu sendiri.
3. Prinsip-prinsf p pelatihan.
a. partisipasi
b. pendalaman
c. relevansi
d. pengalihan
e. umpan balik
f. suasana nyaman
g. memiliki kriteria
4. Merancang dan menyeleksi prosedur pelatihan.
a. Pelatihan instruksi pekerjaan
b. Perputaran pekerjaan
c. Magang dan pelatihan
d. Kuliah dan presentasi
e. Permainan peran dan pemodelan perilaku
f. Studi kasus
g. Simulasi
h. Studi mandiri dan pembelajaran program
i. Pelatihan laboratorium
j. Pembelajaran aksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar