sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tragedi_M%C3%BCnchen_1958
Tragedi München 1958 terjadi di Bandar Udara Munich-Riem, München, Jerman pada tanggal 6 Februari1958. Kecelakaan terjadi ketika British European Airways Penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiganya untuk lepas landas dari kubangan lumpur yang menyelimuti landasan. Di dalam pesawat terdapat para pemain Manchester United yang bersinar kala itu , dijuluki "Busby Babes",
bersama dengan sejumlah pendukung dan wartawan. 20 dari 44 orang di
pesawat tewas dalam kecelakaan. Yang terluka, beberapa di antaranya
sudah tak sadarkan diri, dibawa ke Rumah Sakit Rechts der Isar di Munich di mana 3 orang meninggal, sehingga yang selamat hanya 21 orang.
|
Kejadian
Tim dalam perjalanan kembali dari sebuah pertandingan Piala Eropa 1957-1958 di Beograd, Yugoslavia, melawan Red Star Belgrade,
tetapi harus berhenti di Munich untuk mengisi bahan bakar, sebagai
akibat dari perjalanan non-stop Belgrade ke Manchester, yang di luar
batas kemampuan jangkauan pesawat sekelas Airspeed Ambassador. Setelah mengisi bahan bakar, sang pilot, Kapten James Thain dan kopilot
Kenneth Rayment, mencoba lepas landas maksimal dua kali, tetapi harus
membatalkan kedua upaya tersebut karena gangguan di mesin. Takut bahwa
mereka akan terlambat jadwal, Kapten Thain menolak menginap di Munich
dan memilih melakukan upaya lepas landas untuk ketiga kalinya.
Pada saat upaya ketiga, mulai turun salju, menyebabkan lapisan lumpur
di ujung landasan. Ketika pesawat menyentuh lumpur, pesawat kehilangan
kecepatan, membuat pesawat tidak dapat lepas landas. Pesawat menabrak
pagar dan melewati ujung landasan, sebelum sayap pesawat membentur rumah
terdekat sehingga sobek. Khawatir bahwa pesawat akan meledak, Kapten
Thain menyuruh para penumpang yang selamat pergi menjauh sejauh mungkin.
Meskipun demikian, kiper Manchester United Harry Gregg tetap di dekat bangkai pesawat untuk menarik korban yang selamat dari reruntuhan pesawat.
[sunting] Pasca-kecelakaan
Sebuah penyelidikan oleh pihak berwenang bandara Jerman Barat awalnya
menyalahkan Kapten Thain untuk kecelakaan tersebut, mengklaim bahwa dia
telah gagal untuk menghilangkan es
yang membeku pada sayap pesawat, yang dianggap sebagai penyebab
kecelakaan, meskipun pernyataan yang bertentangan muncul dari para saksi
mata. Kemudian ditetapkan bahwa kecelakaan itu, pada kenyataannya,
disebabkan oleh kubangan lumpur campur salju di landasan pacu, yang
mengakibatkan pesawat yang tidak mampu mencapai kecepatan minimum untuk
lepas landas. Nama Thain akhirnya menghilang pada tahun 1968, sepuluh tahun setelah kejadian.
[sunting] Para korban tewas
[sunting] Kru pesawat
- Kaptain Kenneth "Ken" Rayment, kopilot (selamat dari kejadian tetapi mengalami cedera parah dan meninggal tiga minggu setelahnya di rumah sakit setelah mengalami gegar otak)
- Tom Cable, pramugara
Penumpang
- Pemain Manchester United
- Geoff Bent
- Roger Byrne
- Eddie Colman
- Duncan Edwards (selamat dari kecelakaan, tapi meninggal 15 hari kemudian)
- Mark Jones
- David Pegg
- Tommy Taylor
- Liam "Billy" Whelan
- Staf Manchester United
- Walter Crickmer, sekretari klub
- Tom Curry, trainer
- Bert Whalley, kepala pelatih
- Wartawan dan Jurnalis
- Alf Clarke, Manchester Evening Chronicle
- Donny Davies, Manchester Guardian
- George Follows, Daily Herald
- Tom Jackson, Manchester Evening News
- Archie Ledbrooke, Daily Mirror
- Henry Rose, Daily Express
- Frank Swift, News of the World (juga mantan kiper Inggris dan Manchester City; meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit)
- Eric Thompson, Daily Mail
- Penumpang lain
- Bela Miklos, agen perjalanan
- Willie Satinoff, supporter, dan teman dekat Matt Busby
Tidak ada komentar:
Posting Komentar